RUMUS-RUMUS YANG DIPAKAI DALAM KITAB-KITAB AL HANAFIYAH
1.
Perkataan
mereka “له”,
atau yang dimaksud adalah Abu Hanifah
2.
Perkataan
mereka “عنده”,
jika tidak ada rujukan yang disebutkan sebelumnya maka lafadz ini kembali ke
Imam Abu Hanifah, tapiwalaupun juga tidak disebutkan sebelumnya karena
keadaannya adalah sebagai hukum asal.
3.
Perkataan
mereka “عنده و عنه”, perbedaan diantara keduanya adalah, jika “عنده”, maka kembali
pada madzhab, tapi jika “عنه”, kembali pada riwayat. Jika dikatakan : “Ini adalah menurut
Abu Hanifah” maka maksudnya adalah madzhabnya. Jika dikatakan : “dan darinya”
maka menunjukkan bahwa itu riwayat darinya.
4.
Lafadz “لهما أو عندهما أو
مذهبهما”, yakni madzhab dua orang pemilik, (Abu Hanifah
dan Abu Yusuf)
5.
Lafadz “أصحابنا”, maka yang dimaksud adalah tiga Imam. Abu
Hanifah, Abu Yusuf dan Muhammad rahimahumullah.
6.
Lafadz
“الثاني”,
yang dimaksud adalah Abu Yusuf rahimahullah.
7.
Lafad
“الثالث”,
yang dimaksud adalah Muhammad bin Hasan rahimahulla.
8.
Lafadz
“المشايخ”,
yang dimaksud adalah mereka yang tidak pernah berjumpa dengan Abu Hanifah rahimahullah.
9.
Lafadz
“العامة”,
maksudnya adalah guru-guru mereka secara umum. Juga dikatakan, maksudkan adalah
Fuqoha’ Iraq.
10.
Lafadz
“قالوا”,
dipakai dalam masalah yang didalamnya terdapat perbedaan pendapat guru-guru
mereka.
11.
Lafadz
“ح”,
rumus ini dipakai dalam madzhab Hanafi untuk menyebut syaikh Halaby.
Wallahu a’lam bis shawwab
RUMUS DAN ISTILAH-ISTILAH TERTENTU
DALAM DISEBAGIAN KITAB
1.
(كتاب الهداية) : Kitabnya Abi Hasan Ali bin Abi Bakar Al-
Marghinani (Wafat 593 H)
Syiakh Rahimahullah menaruh sebagian rumus dan istilah –
istilah dalam kitabnya yang disebutkan sebagai berikut[1]:
1.
Perkataan
{ مشا يخنا} Maksudnya ulama-ulama yang berada dibelakang sungai dari
bahira samarkandi
2.
Perkataan
{ المشايخ
} Maksudnya untuk
mengenali Imam Abu Hanifah Rahimahullah
3.
Perkataan
{ ديارنا }
Maksudnya kota-kota yang berada dibelakang sungai bahira
4.
Peerkataan { الأصل } Maksudnya untuk Imam Muhammad bin Hasan asy Syibani Rahimahullah
5.
Perkataan
{ المختصر } Maksudnya Mukhtashor al qudrawi yaitu kesepakatan ini dengan istilah umum dalam
lafat.
6.
Perkataan { الكتاب } Maksudnya jami’u ash shoghir yaitu
dengan ini perselisihan istilah umum yang mana dimaksud dengan lafat yang ada
dikitab mukhtashar al qudri.
7.
Perkataan
{ بما
تلونا } maksudnya kepada
ayat sebelumnya yang disebutkan.
8.
Perkataan
{ بما ذكرنا وما بينا } maksudnya dalil aqli yang disebutkan sebelumnya.
9.
Perkataan
{ بما روينا } maksudnya kepada hadits nabawi yang disebutkan sebelumnya.
10.
Perkataan
{ لما بينا} maksudnya dalil al qur’an , as sunnah dan akal
11.
Perkataan
{ الأثر}
maksudnya perkataan shahabat Radhiyallahu anhu dan sudah tidak
diperselisihkan lagi antara khabr dan atsar keduanya dikatakan lamma ruwina
12.
Perkataan
{ الفقه}
maksudnya dalil aqli seperti yang dikatakan dalam fiqh begitu…
13.
Perktaan
{ قالوا }
perkataan ini digunakan ketika didalamnya terjadi perselisihan syiakh2
14.
Apabila
dikatakan { عن فلان} maksudnya dia yang meriwayatkan
15.
Apabila
dikatakan { عند فلان} maksudnya adalah
madzhabnya
2.
(كتاب المختار في فروع الحنفية) Kitabnya
Abi Fadhl Abdullah bin Mahmud Al –
Musholly
(wafat 683 H)
Syiakh Rahimahullah
menaruh sebagian rumus dan istilah – istilah dalam kitabnya yang
disebutkan
sebagai berikut:
NO.
|
Rumus
|
Maksudnya
|
1.
|
س
|
أبو يوسف رحمه الله
|
2.
|
م
|
محمد رحمه الله
|
3.
|
سم
|
أبو يوسف ومحمد رحمهما الله
|
4.
|
ز
|
زفر
|
5.
|
ف
|
الإمام الشافعي رحمه الله
|
3.
الكتاب الدر المختار شرح تنوير
الأبصار)) )) Kitabnya
Muhammad ‘alaud dien bin Ali Al – Hashkafy (Wafat 1088 H)
Apabila
disebutkan Al – Hashkafy dengan lafat (( شيخنا )) dalam kitab ini maka yang dimaksudnya adalah Khairud dien
Ar – ramly Rahimahullah.
4.
كتاب الوافي في الفرع )) ))
Kitabnya Imam abi Barkat Abdullah Al –
Nafsi ( Wafat 710 H )
Syiakh Abu Barkat menaruh sebagian rumus dan
tanda-tanda dalam kitabnya sebagai berikut:
No.
|
Rumus
|
Maksudnya
|
1.
|
ح
|
أبو حنيفة رحمه الله
|
2.
|
س
|
أبو يوسف رحمه الله
|
3.
|
م
|
محمد بن الحسن رحمه الله
|
4.
|
ز
|
زفر رحمه الله
|
5.
|
ف
|
الشا فعي رحمه الله
|
6.
|
ك
|
مالك رحمه الله
|
7
|
و
|
رواية أصحابنا
|
5.
كتاب كشف الحقائق شرح كنز الدقائق )) )) Kitabnya Syiakh Abdul Hakim Al – Afghany dari ulama abad ke-3 H
Bagi
pembaca kitab syarh mukhtashar (كنز الدقائق )
syiakh mencantumakan sebagian kata atau kalimat dengan menggunakan rumus
sebagaimana yang tertera dalam table ini:
No.
|
Rumus
|
Kitab
|
1.
|
ها
|
الهداية
|
2.
|
ف
|
شرح فتح القدير
|
3.
|
ت
|
تكملة شرح فتح القدير
|
4.
|
ك
|
الكفاية شرح الهداية للخوارزمي
|
5.
|
ي
|
تبيين الحقائق الزيلعي
|
6.
|
در
|
الدر المختار
|
7.
|
أمين
|
حاشية رد المحتار
|
8.
|
ش
|
هوامش بعض الكتاب
|
9.
|
ب
|
البحر الرائق
|
10.
|
ع
|
ما كتبه من عند نفسه
|
11.
|
م
|
ما اختصره من الكتب
|
6.
(( كتاب البحر الرائق شرح كنز الدقائق )) Kitabnya Zainal ‘Abidin bin Najim Al – Mishri
( Wafat 970 H)
Apabila Syiakh
menyebutkan dalam kitabnya dengan kalimat (( الشارع ))
maka maksudnya adalah Utsman bin Ali Az Zila’i wafat (743 H)[2].
7.
(( طريقة الخلا ف في الفقه )) Kitabnya Syiakh Muhammad bin Abdul Hamid Al – Asmandi ( Wafat 552
H )
8.
(( ملتقى الأبحر ))
Kitabnya Syiakh Ibrahim bin Muhammad bin Ibrahim Al - Hilabi (wafat 956 H)
pengarangnya telah berkata bahwa perselisihan yang ada pada
hakekatnya terjadi di antara orang orang mutaakhirin, atau dalam kitab – kitab
yang disebutkan apabila disebutkan dalam dengan lafat qiila atau qaaluw.
9.
(( كتاب جامع الفصولين
)) Kitabnya Imam Muhammad bin Israil Asy Syahiri (Wafat 823 H)
Imam Muhammad bin israil asy syahiri Rahimahullah berkata: aku telah membaca kitab fusul yang
satu miliknya Muhammad bin Mahmud dan
yang satunya miliknya ‘imaduddien, kemudian aku menyusun fatwa fatwa mereka
yang terdapat banyak perselisihan. Karena dalam kitab itu banyak kata –kata
yang di ulang dan yang tidak penting disebutkan juga dari ta’wil. Kemudian aku
kumpulkan jadikan satu dan tidak aku
cantumkan kata kata yang di ulang dalam kitab itu.
Dan pengarangnya telah menyelesaikan kitab itu tidak lebih dari 10
bulan dan saya menaruh kalimat –kalimat yang sangat panjang diawalya dengan
istilah – istilah dalam kitab ini yang tersusun sebagai berikut:
No.
|
Rumus
|
Maksudnya
|
1.
|
بز
|
فخر
الإسلام علي البزدوي
|
2.
|
بس
|
المبسوط
|
3.
|
بق
|
أدب
القاضي للخصاف
|
4.
|
ت
|
الزيادات
|
5.
|
تت
|
زيادات
الزيادات
|
6.
|
ج
|
الجامع
الكبير
|
7.
|
جز
|
وجيز
المحيط للسر خسي
|
8.
|
جغ
|
الجامع
الصغير
|
9.
|
جف
|
جامع
الفتاوى
|
10.
|
حم
|
الحاكم
الشهيد
|
11.
|
خ
|
قاضيخان
|
12.
|
خا
|
خصاف
|
13.
|
خص
|
خلاصة
المفتين
|
14.
|
ز
|
أبو
بكر الرازي الشهير بالجصاص
|
15.
|
سجز
|
أبو
سليمان الجزجاني
|
16.
|
سك
|
السير
الكبير
|
17.
|
شت
|
شرح
الزيادات
|
18.
|
شج
|
شرح
الجامع الكبير
|
19.
|
شجع
|
شرح
الجامع الصغير
|
20.
|
شطع
|
شروح
الطحاوي
|
21.
|
ص
|
الفتاوى
الصغرى للصدر الشهيد
|
22.
|
صر
|
صدر
الإسلام أبو اليسر
|
23.
|
ض
|
بعض
المشايخ
|
24.
|
ضح
|
التوضيح
|
25.
|
ط
|
المحيط
|
26.
|
طي
|
الطحاوي
|
27.
|
ظه
|
ظهير
الدين المرغيناني
|
28.
|
عت
|
كتاب
الدعاوي والبينات
|
29.
|
عدة
|
عدة
المفتين للنسفي
|
30.
|
عن
|
العيون
لأبي الليث السمر قندي
|
31.
|
قه
|
طريقة
بعض المشايخ
|
32.
|
كح
|
كتاب
الخيل للخصاف
|
33.
|
مت
|
مختصر
الزيادات للحاكم الشهيد
|
34.
|
مح
|
شمس
الأئمة الحلواني
|
35.
|
مخم
|
مختصر
الحاكم الشهيد
|
36.
|
مسع
|
مسائل
ابن سماعة
|
37.
|
مضع
|
موضع
اّخر
|
38.
|
مس
|
مسائل
نجم الدين النسفي
|
39.
|
مقي
|
مختصر
القدوري
|
40.
|
مك
|
مختصر
الكافي
|
41.
|
مي
|
المنتقى
للحاكم الشهيد
|
42.
|
ن
|
النوازل
لأبي الليث
|
43.
|
نفيس
|
كتاب النفيس لابن الجوزي
|
44.
|
نة
|
خزانة
الفتاوى لصاحب الهداية
|
45.
|
وقر
|
واقعات
أبي اليسر
|
0 komentar:
Posting Komentar