MUSTHOLAHAT IBNU HAJIB DALAM KITABNYA JAMI’U AL UMMAHAT
1.
- وفيها - masksudnya adalah yang dibukukan
2.
Jika dua hal disebutkan berurutan dan
sesudahnya disebutkan dua hal yang berurutan pula, maka yang pertama bagi yang
pertama dan yang kedua bagi yang kedua. Contohnya: “dan hal itu berkenaan
dengan ibadah atau kebersiahan ini adalah perkataan Ibnu Qosim dan Asyhab”.
Maka yang mengatakan untuk ibadah adalah Ibnu Qosim dan yang berkata untuk
kebersihan adalah Asyhab.
3.
Jika beliau menyebutkan sunnah maka yang
dimaksud adalah perbuatan penduduk madinah
4.
Yang beliau maksud Amal adalah perbuatan
penduduk madinah atau perbuatan sahabat Nabi
5.
- لابأس – Ulama belum sepakat dengan makna
itu
6.
Lafadz – lafadz yang dipakai Ibnu Hajib yang
ma’nanya hampir sama dengan – لابأس - :
a)
– واسع – maksudnya adalah
meninggalkan atau mengamalkannya hukumnya sama
b)
– رجوت – maknanya mendekati – واسع – dan dhomirnya kembali ke Imam
Malik
c)
– استحف – maknanya sama seperti – واسع –
7.
– جل الناس – maksudnya adalah Ulama yang
menjadi rujukan pertama kali
8.
– فقهاء الأمصار – maksudnya adalah Ulama
madzhab
Mustholahat Syaikh Ad Dasuqi
Beliau adalah Muhammad bin Ahmad bin Arafah Ad
Dasuqi Al Azhari, lahir dikota Dasuq meninggal pada tahun 1230 H.
1.
– بن – maksudnya adalah Muhammad bin Al hasan Al
Banani Abu Abdullah dari Maghrib meninggal pada tahun 1194 H
2.
– طفى – maksudnya adalah Musthofa bin
Abdullah Ar Rumashy Abu Al Khoirot, meninggal pada tahun 1132 H
3.
– ح – Syaikh Muhammad bin Muhammad Al
Hathob Abu Abdillah madzhab maliki seorang ulama sufi, asalnnya dari maghrib
lahir di Mekkah meninggal tahun 953 H
4.
– شيحنا – Abi Al Hasan Ali bin
Ahmad As Shoidi Al A’dawi Al Maliki meninggal tahun 1189
5.
– عبق – Syaikh Abdul Baqi bin Yusuf bin
Ahmad Az Zarqoni Al Maliki meniggal tahun 1099
6.
– شب – Syaikh Ibrahim bin Mar’i bin
A’thiyyah As Syabrakhiti salah seorang ulama besar maliki di Mesir, beliau
meninggal tenggelam di sungai Nil tahun 1106 H
7.
– خش – Syaikh Muhammad bin Abdillah Al
Khorosyi meninggal tahun 1101 H
8.
– مج – Syaikh Muhammad bin Ahmad Al Amir
meninggal tahun 1232 H
9.
– تت – Syaikh At Tatai Abu Al hSan
Jamaluddin Yusuf bin Marwan ulama ahli hadits lahir tahun 847 H
Mustholahat Syaikh Ar Rohuni dalam kitabnya Syarh Syaikh Az Zarqoni
1.
– تو – atau – ت - maksudnya adalah
Syaikh At Tawadi Abu Abdillah Muhammad At Tawadi bin At Tholib bin Saudah Al
Andalusi, ulama madzhab Maliki pada masanya meninggal pada tahun 1209 H
2.
– مب – maksudnya adalah
Syaikh Muhammad Al Banani
3.
– ج – maksudnya adalah Syaikh
Muhammad bin Al Hasan Al Janawi Al Hasani, lahir tahun 1135 H dan meninggal
tahun 1200 H
4.
– جس – maksudnya adalah Syaikh
Muhammad bin Thoyib meninggal tahun 1283 H
5.
– بب – maksudnya adalah Syaikh Ahmad
Baba bin Ahmadmeninggal tahun 1032 H menulis lebih dari 40 kitab, diantaranya
Syarh Shugro As Sanusi.
Mustholahat Syaikh Muhammad Al Amir dalam
Al Majmu
1.
– المص – atau – الأصل - maksudnya adalah kitab
Mukhtashor Kholil
2.
– ح – maksudnya adalah Syaikh
Muhammad bin Muhammad Al Hathob
3.
– ر – maksudnya adalah Syaikh
Musthofa bin Abdulloh Ar Rumashy meninggal tahun 1136 H
4.
– عج – maksudnya adalah Syaikh Ali
bin Zainalabidin Al Ajhaury meninggal tahun 1066 H
5.
– عب – atau – عبق – maksudnya
adalah Syaikh Abdul Baqi Az Zarqoni
6.
– بن – maksudnya adalah
Syaikh Muhammad Al Banani
7.
– شب – maksudnya adalah Syaikh Ibrahim bin Mur’I As Syabrokhiti
8.
– خش – maksudnya adalah
Muhammad bin Abdulloh Al Khurosy
9.
– حش – dan – شيخنا – maksudnya adalah Syaikh Ali Al
A’dwi
Mustholahat Syaikh Zarruq dalam Syarh matan Ar Risalah milik Abu
Zaid
1.
– ع – maksudnya adalah
Syaikh Abi Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Arafah meninggal tahu 803 H
2.
– س – maksudnya adalah Syaikh Abi
Abdillah Muhammad bin Abdissalam Al
hawari meninggal tahun 746 H
3.
– خ – maksudnya adalah Syaikh
Ghorsuddin sahabat Ishaq bin Al Jundi Al Mishri Al qohiri meninggal tahun 769 H
4.
– م – maksudnya adalah Syaikh Tajuddin Bahrom bin Abdillah Ad
Damiri meninggal tahun 805 H
Mustholahat Syaikh Kholil Dalam Mukhtashor
1.
– فيها، منها، ظهرها – atau semua Dhomir
ghoib muanats yang tempat kembalinya dhomir itu
tidak disebutkan berarti maksudnya adalah yang telah dibukukan
2.
– أُوِّلَ – maksudnya adalah
adanya perbedaan pemahaman diantara para pensyarh kitab
3.
– الإختيار – maksudnya adalah
pilihannya Imam Abi Hasan Ali bin Muhammad Al Lakhmi meninggal tahun 478 H,
namun jika bentuknya adalah isim seperti (المختار، و الإختيار), maka maksudnya adalah pilihanya beliau yang
berbeada dengan yang sebelumnya.
4.
– الترجيح – maksudnya adalah tarjih
Ibnu Yunus Muhammad bin Abdulloh meninggal tahun 451 H. Adapun jika bentuknya
isim seperti (الأرجح،
المرجح ) maka maksudnya adalah pilihan
beliau.
5.
– الظهور – maksudnya adalah
pilihannya Ibnu Rasyad (Muhammad bin Ahmad meniggal tauh 520 H). Adapun jika berbrntuk isim seperti (الأظهر، الطاهر ) maksudnya perkataan
yang beliau pilih dari beberapa perkataan yang masih berselisih. Dan jika
berbentuk kata kerja seperti (ظهر ) maka itu adalah pilihannya sendiri.
6.
– القول – maksunya perkataan Al Maziri Abi
Abdillah Muhammad bin Ali meninggal tahun 536 H. Jika berbentuk kaya kerja (فال، قيل ) itu adalah pilihannya sendiri
7.
Jika ada beberapa ulama yang berbeda pendapat
yang mashur dan derajatnya sama, maka syaikh Kholil menyebutkan dua pendapat
yang mashur atau lebih kemudian disertai dengan kata (خلاف) dan dengan kata (التشهير) jika sama kerojihannya.
Adapun jika kedudukannya tidak sama maka beliau menyebutakan yang paling mashur
8.
Jika Syaikh Kholil menyebutkan dua pendapat
atau lebih, maka beliau tidak merojihkan salah satu darinya.
9.
Jika beliau menyebutakan lafadz (صحح، استحسن) mabni majhul berarti
yang menshohihkannya adalah bukan Al Lakhmi, Ibnu Rasyad, Al Maziri atau Ibnu
Yunus.
10. – التردد – ada dua maksud:
1)
Ragunya ulama mutaakhirin dalam mengambil
perkataan dari ulama mutaqodimin
2)
Ragunya ulama mutaakhirin karena tidak adanya
nash dari ulama mutaqodimin
11.
Jika
dikatakan (الحكم كذا ولو كان كذا) menunjukan hukumnya begitu walaupun dalam madzhab
Maliki ada pendapat yang berbeda
12.
Ibnu A’zi berkata: Syaikh Kholil tidak membuat
permisalan kecuali untuk menjelaskan yang samar, agar tidak keliru, atau adanya
perselisihan, menunjukkan yang mashur.
13.
Jika berkumpul beberapa permasalahan yang sama
hukumny dan syaratnya beliau megurutkannya denagn wau (و) dan jika ada pengikat maka
pengikat itu berlaku bagi semuanya. Namun apabila pengikatnya dikhususkan hanya
pada beberapa permasalahan saja maka dibarengi dengan kaf tasybih dan yang
diikat adalah yang setelah kaf.
14.
Jika belaiu menyandarkan suatu perbuatan
kepada orang ketiga tunggal yang tidak disebutkan seperti (قال، كره، منع، رخص، أجاز، لم يمنع) maka yang dimaksud
adalah Imam Malik
15.
Kebanyakan para pengikut madzhab menggunkan
lafadz (الندب) untuk yang istishab walaupun menurut ahli
usul itu adalah sunnah , mustahab ataupun nafilah.
16.
– وإن – menunjukkan adanya
perselisihan diluar madzhab atau terkadang didalam madzhab atau terkadang untuk
menekankan.
0 komentar:
Posting Komentar