Jumat, 30 November 2012

Posted by UKM Al-Islam 0 Comments Category:

15. MUSTHOLAHAT IBNU HAJIB DALAM KITABNYA JAMI’U AL UMMAHAT


MUSTHOLAHAT IBNU HAJIB DALAM KITABNYA JAMI’U AL UMMAHAT

1.      - وفيها -  masksudnya adalah  yang dibukukan
2.      Jika dua hal disebutkan berurutan dan sesudahnya disebutkan dua hal yang berurutan pula, maka yang pertama bagi yang pertama dan yang kedua bagi yang kedua. Contohnya: “dan hal itu berkenaan dengan ibadah atau kebersiahan ini adalah perkataan Ibnu Qosim dan Asyhab”. Maka yang mengatakan untuk ibadah adalah Ibnu Qosim dan yang berkata untuk kebersihan adalah Asyhab.
3.      Jika beliau menyebutkan sunnah maka yang dimaksud adalah perbuatan penduduk madinah
4.      Yang beliau maksud Amal adalah perbuatan penduduk madinah atau perbuatan sahabat Nabi
5.      - لابأس – Ulama belum sepakat dengan makna itu
6.      Lafadz – lafadz yang dipakai Ibnu Hajib yang ma’nanya hampir sama dengan – لابأس - :
a)      واسع – maksudnya adalah meninggalkan atau mengamalkannya hukumnya sama
b)      رجوت – maknanya mendekati – واسع – dan dhomirnya kembali ke Imam Malik
c)      استحف – maknanya sama seperti – واسع
7.      جل الناس – maksudnya adalah Ulama yang menjadi rujukan pertama kali
8.      فقهاء الأمصار – maksudnya adalah Ulama madzhab
Mustholahat Syaikh Ad Dasuqi
Beliau adalah Muhammad bin Ahmad bin Arafah Ad Dasuqi Al Azhari, lahir dikota Dasuq meninggal pada tahun 1230 H.
1.      بن – maksudnya adalah Muhammad bin Al hasan Al Banani Abu Abdullah dari Maghrib meninggal pada tahun 1194 H
2.      طفى – maksudnya adalah Musthofa bin Abdullah Ar Rumashy Abu Al Khoirot, meninggal pada tahun 1132 H
3.      ح – Syaikh Muhammad bin Muhammad Al Hathob Abu Abdillah madzhab maliki seorang ulama sufi, asalnnya dari maghrib lahir di Mekkah meninggal tahun 953 H
4.      شيحنا – Abi Al Hasan Ali bin Ahmad As Shoidi Al A’dawi Al Maliki meninggal tahun 1189
5.      عبق – Syaikh Abdul Baqi bin Yusuf bin Ahmad Az Zarqoni Al Maliki meniggal tahun 1099
6.      شب – Syaikh Ibrahim bin Mar’i bin A’thiyyah As Syabrakhiti salah seorang ulama besar maliki di Mesir, beliau meninggal tenggelam di sungai Nil tahun 1106 H
7.      خش – Syaikh Muhammad bin Abdillah Al Khorosyi meninggal tahun 1101 H
8.      مج – Syaikh Muhammad bin Ahmad Al Amir meninggal tahun 1232 H
9.      تت – Syaikh At Tatai Abu Al hSan Jamaluddin Yusuf bin Marwan ulama ahli hadits lahir tahun 847 H
Mustholahat Syaikh Ar Rohuni dalam kitabnya Syarh Syaikh Az Zarqoni
1.      تو – atau – ت - maksudnya adalah Syaikh At Tawadi Abu Abdillah Muhammad At Tawadi bin At Tholib bin Saudah Al Andalusi, ulama madzhab Maliki pada masanya meninggal pada tahun 1209 H
2.      مب – maksudnya adalah Syaikh Muhammad Al Banani
3.      ج – maksudnya adalah Syaikh Muhammad bin Al Hasan Al Janawi Al Hasani, lahir tahun 1135 H dan meninggal tahun 1200 H
4.      جس – maksudnya adalah Syaikh Muhammad bin Thoyib meninggal tahun 1283 H
5.      بب – maksudnya adalah Syaikh Ahmad Baba bin Ahmadmeninggal tahun 1032 H menulis lebih dari 40 kitab, diantaranya Syarh Shugro As Sanusi.


Mustholahat Syaikh Muhammad Al Amir dalam Al Majmu
1.      المص – atau – الأصل - maksudnya adalah kitab Mukhtashor Kholil
2.      ح – maksudnya adalah Syaikh Muhammad bin Muhammad Al Hathob
3.      ر – maksudnya adalah Syaikh Musthofa bin Abdulloh Ar Rumashy meninggal tahun 1136 H
4.      عج – maksudnya adalah Syaikh Ali bin Zainalabidin Al Ajhaury meninggal tahun 1066 H
5.      عب – atau – عبقmaksudnya adalah Syaikh Abdul Baqi Az Zarqoni
6.      بن – maksudnya adalah Syaikh Muhammad Al Banani
7.      شب – maksudnya adalah Syaikh Ibrahim bin Mur’I As Syabrokhiti
8.      خش – maksudnya adalah Muhammad bin Abdulloh Al Khurosy
9.      حش – dan – شيخنا – maksudnya adalah Syaikh Ali Al A’dwi

Mustholahat Syaikh Zarruq dalam Syarh matan Ar Risalah milik Abu Zaid
1.      ع – maksudnya adalah Syaikh Abi Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Arafah meninggal tahu 803 H
2.      س – maksudnya adalah Syaikh Abi Abdillah  Muhammad bin Abdissalam Al hawari meninggal tahun 746 H
3.      خ – maksudnya adalah Syaikh Ghorsuddin sahabat Ishaq bin Al Jundi Al Mishri Al qohiri meninggal tahun 769 H
4.      م – maksudnya adalah Syaikh Tajuddin Bahrom bin Abdillah Ad Damiri meninggal tahun 805 H

Mustholahat Syaikh Kholil Dalam Mukhtashor
1.      فيها، منها، ظهرها – atau semua Dhomir ghoib muanats yang tempat kembalinya dhomir itu  tidak disebutkan berarti maksudnya adalah yang telah dibukukan
2.      أُوِّلَ – maksudnya adalah adanya perbedaan pemahaman diantara para pensyarh kitab
3.      الإختيار – maksudnya adalah pilihannya Imam Abi Hasan Ali bin Muhammad Al Lakhmi meninggal tahun 478 H, namun jika bentuknya adalah isim seperti (المختار، و الإختيار), maka  maksudnya adalah pilihanya beliau yang berbeada dengan yang sebelumnya.
4.      الترجيح – maksudnya adalah tarjih Ibnu Yunus Muhammad bin Abdulloh meninggal tahun 451 H. Adapun jika bentuknya isim seperti (الأرجح، المرجح ) maka maksudnya adalah pilihan beliau.
5.      الظهور – maksudnya adalah pilihannya Ibnu Rasyad (Muhammad bin Ahmad meniggal tauh 520 H). Adapun jika berbrntuk isim seperti (الأظهر، الطاهر ) maksudnya perkataan yang beliau pilih dari beberapa perkataan yang masih berselisih. Dan jika berbentuk kata kerja seperti (ظهر ) maka itu adalah pilihannya sendiri.
6.      القول – maksunya perkataan Al Maziri Abi Abdillah Muhammad bin Ali meninggal tahun 536 H. Jika berbentuk kaya kerja (فال، قيل ) itu adalah pilihannya sendiri
7.      Jika ada beberapa ulama yang berbeda pendapat yang mashur dan derajatnya sama, maka syaikh Kholil menyebutkan dua pendapat yang mashur atau lebih kemudian disertai dengan kata (خلاف) dan dengan kata (التشهير) jika sama kerojihannya. Adapun jika kedudukannya tidak sama maka beliau menyebutakan yang paling mashur
8.      Jika Syaikh Kholil menyebutkan dua pendapat atau lebih, maka beliau tidak merojihkan salah satu darinya.
9.      Jika beliau menyebutakan lafadz (صحح، استحسن) mabni majhul berarti yang menshohihkannya adalah bukan Al Lakhmi, Ibnu Rasyad, Al Maziri atau Ibnu Yunus.
10.  التردد – ada dua maksud:
1)      Ragunya ulama mutaakhirin dalam mengambil perkataan dari ulama mutaqodimin
2)      Ragunya ulama mutaakhirin karena tidak adanya nash dari ulama mutaqodimin
11.  Jika dikatakan (الحكم كذا ولو كان كذا) menunjukan hukumnya begitu walaupun dalam madzhab Maliki ada pendapat yang berbeda
12.  Ibnu A’zi berkata: Syaikh Kholil tidak membuat permisalan kecuali untuk menjelaskan yang samar, agar tidak keliru, atau adanya perselisihan, menunjukkan yang mashur.
13.  Jika berkumpul beberapa permasalahan yang sama hukumny dan syaratnya beliau megurutkannya denagn wau (و) dan jika ada pengikat maka pengikat itu berlaku bagi semuanya. Namun apabila pengikatnya dikhususkan hanya pada beberapa permasalahan saja maka dibarengi dengan kaf tasybih dan yang diikat adalah yang setelah kaf.
14.  Jika belaiu menyandarkan suatu perbuatan kepada orang ketiga tunggal yang tidak disebutkan seperti (قال، كره، منع، رخص، أجاز، لم يمنع) maka yang dimaksud adalah Imam Malik
15.  Kebanyakan para pengikut madzhab menggunkan lafadz (الندب) untuk yang istishab walaupun menurut ahli usul itu adalah sunnah , mustahab ataupun nafilah.
16.  وإن – menunjukkan adanya perselisihan diluar madzhab atau terkadang didalam madzhab atau terkadang untuk menekankan.

0 komentar:

Posting Komentar