TANDA HURUF YANG TERMASUK KEDALAM
IMAMNYA MADZHAB HAMBALI
No
|
Tanda
|
Maksudnya
|
1
|
م.خ
|
Muhammad Bin Ahmad (W. 1088 H)
|
2
|
ع
|
‘Abdurrohman Bin Yusuf Al Buhuutiy
(W. 1089 H)
|
3
|
غ
|
Ghinam Bin Muhammad Annajdiy
Addamasyqiy (W. 1240 H)
|
4
|
م . ر
|
Mur’iy Bin Yusuf Bin Abi Bakar (W.
1033 H)
|
5
|
المص
|
ringkasan dari kalimat (Al
Mushonaf), maksudnya adalah Muhammad Bin Ahmad Al Futuuhiy Asyahiriy Bi
Ibninnajari pemilik kitab Muntaha Irodaat (W. 980 H)
|
6
|
م . ص
|
Manshur Al Buhuutiy (W. 1051 H)
|
7
|
م . س
|
Muhammad Bin Ahmad As-Safariniy
(W. 1188 H)
|
8
|
ع . ب
|
‘Abdul Wahhab Bin Muhammad At-Tamimi (W. 1205 H)
|
ISTILAH-ISTILAH FIQIH DI DALAM MADZHAB ZAIDIYAH
Pendiri : Zaid bin Ali bin Zain Al ’abidin bin
Husain bin ‘Ali bin Abi Tholib, Lahir 80H dan dalam riwayat yang lain 75H
dikalangan syi’ah beliau dikenal sebagai sosok yang kuat kepribadiannya, adil,
banyak ilmunya dan luas wawasannya. Beliau banyak belajar dari ayah beliau
sendiri Ali bin Zainal Abidin sehingga beliau tumbuh dewasa dalam kesholihan,
maka dari itu tidak mengherankan jika banyak orang (syia’h) belajar kepadanya,
mengumpulkan hukum-hukum fiqh dalam madzhabnya serta mengambil banyak riwayat hadits
darinya dan dari ayahnya, akan tetapi mereka(orang-orang syi’ah) tidak pernah
mentsiqohkan selain daripada Zaid bin Ali kecuali beberapa saja yang mereka
anggap sebagai imam mereka. Bahkan mereka tidak sekalipun mengambil hadits
selain riwayat dari Ali bin Abi Tholib walaupun itu Abu Bakar, Umar dan sahabat
yang lainnya disebabkan mereka hanya membatasi label tsiqoh kepada Zaid dan
ayahnya beserta kakek-kakeknya sampai kepada kakeknya Ali ataupun dari kalangan
ahlu bait rodliyallahu anhum.
Pada masa-masa sekarang para pengikut madzhab ini banyak tersebar
di sekitar Iraq, Asia timur, Jazirah Arab, dan yang paling banyak adalah di
Yaman. Dan
telah masyhur bahwa zaidiyah hampir sama dengan muktazilah dalam masalah
ushulud din dan dengan hanafiyah dalam masalah fiqh.
Diprediksikan bahwa madzhab zaidiyah yang salah satu sempalan kelompok dari sekte syi’ah ini, adalah yang paling dekat dengan madzhab-madzhab islamiyah yang
ada, karena ikhtilaf yang ada di antara
madzhab zaidiyah dengan ahlus sunnah terutama dalam permasalahan fiqh tidaklah
terdapat kecuali hanya sedikit saja dan di antara perbedaannya adalah:
1.
Bahwa
mereka tidak memperbolehkan al mashu ‘alal huffain
2.
Mereka
mengharamkan menikah dengan wanita-wanita ahlul kitab
3.
Mereka
juga mengharamkan sembelihan selain muslim
v
Zaid bin Ali wafat dalam keadaan terbunuh
karena beliau adalah salah satu orang yang berkehendak supaya kembalinya
kekhilafahan dari tangan Bani Umayyah, maka dia pun keluar dari bawah
kepemimpinan Hisyam bin Abdul Malik, dan menyeru kepada orang-orang untuk
mendukung dirinya. Setelah terkumpunya dukungan
beberapa orang yang bergabung dengannya, ia
pun berhadapan dengan Yusuf bin Umar Ats Tsaqofi gubernur Iraq pada masa
kekhilafahan Hisyam. Pada saat dua kubu itu bertemu terjadilah pertempuran yang
dahsyat, sehingga berpisahlah sebagian besar pengikut dari Zaid (syi’ah
zaidiyah), dan hanya tersisa sebagian kecil lainnya yang kemudian masih tetap
bertahan bersamanya sehingga beliau pun terbunuh dalam pertempuran tersebut
yang tepatnya terjadi pada tahun 122H bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan
bahwa jasadnya sampai disalib kemudian dibakar oleh pasukan Yusuf Ats Tsaqofi
lalu kepalanya dikirim ke Hisyam bin Abdul Malik.
v Beberapa imam/pembesar madzhab zaidiyah yang banyak dikenal:
1.
Yahya
bin Husain Az Zahid bin Qosim (w:298H).
2.
Hasan
bin Zaid bin Muhammad bin Ismail (w:250H).
3.
Qosim
bin Ibrohim Al Alawi (w:455H).
4.
Muhammad
bin Ismail As Shon’ani (w:852H) pengarang kitab Subulus Salam syarh
kitab Bulughul Maram karya imam Ibnu Hajar Al Asqolani.
5.
Muhammad
bin Ali bin Muhammad Asy Syaukani (w:1250H).
v Di antara kitab yang banyak dijadikan rujukan dalam permasalahan
fiqh oleh madzhab zaidiyah adalah:
1.
Al Majmu’
Al Fiqhi
: imam Zaid bin Ali Zainal Abidin
2.
Ar Raudl
An Nadlir
Syarhu Majmu’ Al Fiqh Al Kabir : imam Syarafud din Al Husain bin Al Haimi
Al Yamani
(w:1221H) akan tetapi beliau sudah lebih dahulu wafat sebelum selesainya
kitab tersebut, yang kemudian diselesaikan oleh As Sayyid
At Taqi
Abbas bin Ahmad Al Hasani.
3.
Al Azhar
Fii Fiqhi Al Aimmati Al Ath’har : imam Ahmad bin Yahya bin Murtadlo Al Hasani
Al Yamani
(w:840H).
4.
Al Bahr
Az Zajjar
Al Jami’ Limadzahib
Ulama’ Al Amshar : imam Ahmad bin Yahya.
5.
As
Sail Al Jarrar Al Mutadaffiq ‘Ala Hadaiqil Azhar : imam Muhammad bin Ali Asy Syaukani
(w:1250H).
Rumus Istilah Yang Biasa Digunakan
Untuk Menyebut Para Ulama’ Di
Dalam Kitab “Syarhul Azhar Wa Hawasyihi”
No.
|
Rumus istilah
|
Makna
|
1.
|
م بالله
|
Assayyid
almuayyid billah ahmad bin Husain
|
2.
|
ط
|
Sayyid abu
tholib yahya bin hasan (saudara ahmad bin Husain)
|
3.
|
ع
|
Assayyid abul
abbas alhasani
|
4.
|
السادة
|
Dimaksudkan (ahmad, yahya, abul
abbas)
|
5.
|
د
|
Ash shodiq
|
6.
|
ق
|
Al qosim
|
7.
|
ص بالله
|
Al manshur
billah
|
8.
|
ن
|
Annashir
|
9.
|
ح
|
Abu hanifah
|
10.
|
ك
|
Malik
|
11.
|
ش
|
Asy syafi’i
|
12.
|
مد
|
Ahmad bin
hambal
|
13.
|
أصش
|
Ashabus
syafi’i
|
14.
|
أ.ص.ح
|
Ashabu abi
hanifah
|
15.
|
الفقهاء
|
4 imam:abu
hanifah, malik, syafi’I dan ahmad serta abu yusuf
|
16.
|
ف
|
Alqodli abu
yusuf shohib abu hanifah
|
17.
|
القاضي أبوف
|
Alqodli abu
yusuf khotib sayyidain
|
18.
|
اليسد ح
|
Asayyid yahya
|
19.
|
قيل ح
|
Alfaqih yahya
|
20.
|
قيل ى
|
Muhammad bin yahya
|
21.
|
قيل س
|
Alfaqih hasan
|
22.
|
قيل مد
|
Alfaqih yahya bin ahmad
|
23.
|
قيل ع
|
Alfaqih ali
|
24.
|
قيل ل
|
Alfaqih muhammad bin sulaiman
|
25.
|
قيل ف
|
Alfaqih yusuf
|
26.
|
الأمير ح
|
Alamin alhasan
|
27.
|
الأمير م
|
Alamir almuayyad
|
28.
|
ض زيد
|
Alqodli zaid
|
29.
|
ض جعفر
|
Alqodli ja’far
|
30.
|
الإمام المهدي
|
Jika dikatakan imam mahdi maka para ulama’ kontemporer
menyimpulkan bahwa yang diinginkan oleh madzhab ini adalah alfaqih yusuf
shohibuts tsamarot.
|
Rumus Istilah Yang Digunakan Untuk Menyebutkan Beberapa Kitab Di Dalam Kitab “Syarhul Azhar Wa Hawasyihi”
No.
|
Rumus istilah
|
Makna
|
1.
|
أز
|
Al azhar
|
2.
|
ب
|
Al bahru
|
3.
|
ح بحر
|
Syarhul bahr
|
4.
|
غ
|
Al ghoits
|
5.
|
ن
|
Al bayan
|
6.
|
ان
|
Al bustan
|
7.
|
بر
|
Al burhan
|
8.
|
أث
|
Al atsmar
|
9.
|
ار
|
Al inthishor
|
10.
|
مع
|
Al mi’yar
|
11.
|
زر
|
Az zuhur
|
12.
|
زه
|
Az zahroh
|
13.
|
تع
|
At ta’liq
|
14.
|
تذ
|
At tadzkiroh
|
15.
|
مح
|
المحيرسي
|
16.
|
رى
|
An najry
|
17.
|
تك
|
At takmil
|
18.
|
مق
|
Al maqshod al hasan
|
19.
|
هج
|
Al minhaj
|
20.
|
زن
|
Az zanin
|
21.
|
ع لى
|
سماع سحولي
|
22.
|
ح لى
|
حاشية السحولي
|
23.
|
لي
|
سحولي
|
24.
|
يد
|
Az zawaid
|
25.
|
ز
|
Az zawid
|
26.
|
ج
|
Ad diibaaj
|
27.
|
ص
|
الصعيتري
|
28.
|
هد
|
Al hidayah
|
29.
|
كب
|
Al kawakib
|
30.
|
ل
|
Al habl
|
31.
|
عم
|
‘amir
|
32.
|
مي
|
Asy syami
|
v Dan beberapa istilah lain
yang digunakan adalah:
1.
(أ هـ ع) :
انتهى سماعا
2.
(أ هـ م) : انتهى إملاء
3.
(عليلم) :عليه السلام
0 komentar:
Posting Komentar